| Home | Book-Literature | Inspiring-Religion | Economy-Business | Social-Cultural-Languange | Politics-Conspiracy | Health-Sport | Music-Movie | Femininity-Parenting |

Friday 10 January 2014

ONLINE SHOP PALSU MERAJALELA



     Mungkin diantara kamu atau temanmu pernah ada yang tertipu online shop palsu? Penjahat yang berkedok online shop masih terus bergentayangan mencari mangsa, mulai dari forum yang rame seperti Kaskus, Facebook, Twitter hingga via SMS. Alfons Tanujaya dari perusahaan antivirus Vaksincom, telah melakukan penelitian tentang masalah ini. Menurutnya situs online shop fiktif yang dipantau Vaksincom dan masih aktif sampai bulan April 2013 ada 34 situs. Banyak yang sudah membeli domain sendiri, ada juga yang masih memakai blog gratisan.

     Berikut Daftar Alamat Online Shop Palsu tsb:
  1. http://allsalam-elektronik.hourb.com
  2. http://andika77shop.blogspot.com
  3. http://anitaphoneshop.com
  4. http://anugerahelektronik.com/page/10
  5. http://aulaelectroshop.com
  6. http://batamzentralelektronik.com
  7. http://batarashoping.com
  8. http://graha-shop.com/page/11
  9. http://hidayahonlineshop.com/page/6
  10. http://lestarionlineshop.com/page/6
  11. http://nagoyaonlinestore.com
  12. http://panbielektronika.com
  13. http://tokobagusphone.com
  14. http://tribunjayaelektronikshop.com/page/9
  15. http://www.batamshopping.us/toko
  16. http://www.batavia-elektronik.com/toko
  17. http://www.britama86.com/toko
  18. http://www.garudaplazashop.com/toko/iphone
  19. http://www.gebyarprima.com/contact-form.php
  20. http://www.indoceluler.com
  21. http://www.kaulaelektronik.com/toko
  22. http://www.kotawisataelektronik.com
  23. http://www.lautancentralelektronik.com/toko
  24. http://www.luckypalza.com/toko
  25. http://www.media-elektronik.com/toko
  26. http://www.nagoyamallshopping.com/toko
  27. http://www.platinumelectronicshop.com/toko/iphone
  28. http://www.pon-cell.com/toko
  29. http://www.riankzentraelektronik.com
  30. http://www.setiaelektronik.com/toko
  31. http://www.surgaelektronik.com/toko
  32. http://www.wahana-elektronik.com/toko
  33. http://www.wahanaonlineshop.com/toko
  34. http://www.zeroelektronika.com/toko

     Mirisnya, pengunjung situs online shop abal-abal ini cukup rame. Total akses ke semua situs tsb setiap hari mencapai kurang lebih 15 ribu pengakses unik dengan pageview lebih dari 100 ribu perhari. Padahal baru 34 situs online shop fiktif yang teridentifikasi oleh Vaksincom, bayangkan berapa total seluruh situs yang kemungkinan belum terdeteksi?  

     Menurut situs ranking Alexa, situs resmi seperti Tokopedia.com hanya mencatat pengakses unik 14.450 perhari, Bri.co.id 67.977 pageview perhari, Telkom.co.id 38.690 pageview perhari, dan Bhinneka.com yang sudah aktif selama 15 tahun dengan investasi milyaran rupiah hanya menjaring 25.760 pengunjung unik perhari dengan pageview 126.224. sedangkan pembuat online shop fiktif dapat mencapai pageview yang tinggi hanya dalam waktu kurang dari 8 bulan dan dengan modal 100 ribu rupiah saja untuk membeli domain! Ironis ya?

Masih menurut Alfons dari Vaksincom, pengakses internet awam yang kurang mengikuti perkembangan terbaru jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan pengakses internet yang update info terbaru, termasuk info penipuan online shop fiktif.

     Trik online shop fiktif ini yaitu memberikan iming-iming harga murah, desain situs yang keren dan gambar produk yang tidah kalah keren dengan situs resmi. Biasanya toko online fiktif ini meminta korban mentransfer uang terlebih dulu ke rekening bank yang tidak pernah ditampilkan di situsnya, yang ada hanya nomor ponsel, itupun nomor ponsel prabayar yang dengan mudah diganti jika aktivitas penipuannya berhasil. 

     Operator seluler pun tidak tinggal diam, mereka juga memantau dan berusaha melindungi masyarakat dari berbagai penipuan online. Modus penipuan yang kini marak yaitu dengan menggunakan website palsu, termasuk mencatut nama operator seluler. Untuk menghindarkan diri menjadi korban penipuan, operator seluler menghimbau masyarakat  yang mendapat info mengenai undian berhadiah untuk mengkonfirmasikannya langsung ke layanan pelanggan resmi, baik melalui nomor telephone, galeri ataupun situs resmi. Ada juga operator seluler yang bekerja sama dengan penyedia layanan blog/hosting terkait pemblokiran alamat website yang terbukti palsu dan melakukan penipuan. Kepolisian Republik Indonesia melalui Divisi Cybercrime juga mulai memperhatikan gerak-gerik penipu dan menangkapnya jika terbukti melakukan kejahatan. Banyak juga netter yang peduli dan berusaha membantu dengan menginformasikan situs penipu secara online di situsnya, salah satunya adalah www.polisionline.com yang dikelola Erwan Saputra, mahasiswa STMIK Asia di Malang.

     Dengan maraknya cybercrime pembaca harus lebih waspada dan berhati-hati, jangan lupa ikut membantu menyampaikan informasi terkait hal tsb.
Mungkin kamu, teman atau keluarga punya pengalaman terkait penipuan jenis ini? Kamu juga bisa bagi-bagi cerita di sini, termasuk cara mengatasinya. Ditunggu komentarnya ya! J


[Sumber: Tabloid Sinyal Edisi No. 170/ Thn IX, 26 April-9 Mei 2013]       


“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya ALLAAH adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi ALLAAH.”
(QS. An-Nisaa’: 29-30)

“Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan.”
(QS. Asy-Syu’araa’: 183)

No comments:

Post a Comment