| Home | Book-Literature | Inspiring-Religion | Economy-Business | Social-Cultural-Languange | Politics-Conspiracy | Health-Sport | Music-Movie | Femininity-Parenting |

Tuesday 12 July 2016

PERTANYAAN-PERTANYAAN ILLEGAL SAAT INTERVIEW KERJA (ILLEGAL INTERVIEW QUESTIONS)



BERIKUT ADALAH BEBERAPA PERTANYAAN ILLEGAL SAAT INTERVIEW KERJA (ILLEGAL INTERVIEW QUESTIONS)


Tahukah anda bahwa sebenarnya kita tidak boleh sembarangan dalam memberikan informasi pribadi kita kepada pihak perusahaan yang akan kita tuju atau sudah kita lamar.

Begitupun pihak perusahaan (HRD atau User) tidak boleh menanyakan pertanyaan-pertanyaan illegal berikut pada saat interview kerja.

Artikel ini saya dapat dari Career Builder (www.careerbuilder.co.uk), yang merupakan website penyedia lowongan kerja dan tips karir yang berbasis di London, United Kingdom.

Jadi dikatakan illegal di sini menurut aturan di London, United Kingdom. Namun menurut saya, hal ini perlu dipertimbangkan untuk diterapkan juga di negara lain, termasuk Indonesia.

Karena ketentuan ini bertujuan sangat baik yaitu mencegah diskriminasi dalam perekrutan tenaga kerja.

Hal ini seperti disampaikan Corrine Mills, seorang Managing Director of Personal Career Management (www.personalcareermanagement.com).

Jika saat interview kerja, anda pencari kerja ditanya tentang ketrampilan (skill) dan pengalaman anda oleh rekruter, hal ini sah-sah saja.
 
Namun jika anda ditanya tentang umur (age), ras (race), status pernikahan (marital status), parental status, agama (religion), kesehatan (health), kecacatan (disability), ataupun orientasi seksual (sexual orientation);

maka berhati-hatilah karena hal ini dapat menjadi suatu potensi besar yang mereka gunakan untuk melakukan diskriminasi terhadap anda berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

1. PERTANYAAN TENTANG KESEHATAN DAN KECACATAN

The Equality Act 2010 berisi tentang ketentuan untuk mencegah para pencari kerja yang cacat (disabled job seeker) didepak lebih dulu dalam proses rekrutmen – diskriminasi berdasarkan kecacatannya.

Hal ini berarti anda tidak harus menjawab jika ditanya tentang kecacatan dan pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan lainnya sebelum anda ditawari pekerjaan,

termasuk detail ketidakhadiran anda yang disebabkan karena sakit pada pekerjaan terakhir anda.

Namun ada beberapa pengecualian, misalnya kandidat diwajibkan mempunyai ketahanan fisik yang cukup untuk menjalankan pekerjaan yang ditawarkan, seperti sebagai seorang care assistant.

Corrine Mills menambahkan,

“An employer may ask if you need any reasonable adjustments to attend an interview as they are trying to be helpful to those who may have a disability, such as a mobility challenge.

However, they cannot ask you any health related questions prior to offering you a job, whether this is via a health questionnaire,

referral to an occupational health practitioner or just general questions about your sickness record.

Once they have offered you the job they can ask you health questions and they can still potentially withdraw the job offer,

but they would need to be very careful that this decision was not related to disability discrimination, otherwise they could face a potentially very expensive legal claim from the disadvantaged candidate.”

2. PERTANYAAN TENTANG USIA

Untuk mencegah terjadinya diskriminasi berdasarkan usia, employer tidak diperbolehkan meminta anda menulis tanggal dan tahun lahir anda pada form aplikasi kerja atau mengajukan pertanyaan lain berkaitan dengan usia.

Corrine Mills mengatakan, beberapa employer yang suka berterus terang akan menanyakan berapa tahun anda akan bekerja sampai tiba saat anda memutuskan untuk mengundurkan diri, pertanyaan ini juga termasuk pertanyaan illegal.

Jika usia menjadi sebuah masalah, dan mereka menanyakannya tanpa rasa bersalah, anda dapat bertanya mengapa mereka menaruh perhatian pada usia anda.

Jika alasan mereka adalah tak yakin dengan komitmen anda pada pekerjaan atau energy levels, maka yakinkan mereka dengan menjelaskan atau mendemonstrasikan kemampuan yang anda punya.

Pertanyaan tentang usia sah jika pekerjaan yang ditawarkan memang mengharuskan kandidat untuk berusia minimal 18 tahun, misal bekerja sebagai sopir yang membutuhkan SIM atau bekerja di tempat hiburan.

3. PERTANYAAN TENTANG MARITAL/ PARENTAL STATUS

Interviewer juga tidak diperbolehkan bertanya tentang status pernikahan anda, atau apakah anda sudah berkeluarga ataupun apakah anda mempunyai rencana untuk berkeluarga.

Jika anda ditanya apakah anda sudah menikah, atau apakah sudah memiliki anak; Corrine Mills menyarankan anda untuk balik bertanya mengapa hal ini menjadi pertimbangan penting untuk pekerjaan tersebut.

Jika hal ini berkaitan dengan kemungkinan jam kerja yang tidak ramah, misal adanya lembur atau pekerjaan yang jauh dari rumah;

dan anda sanggup atau tidak masalah dengan hal itu, anda bisa meyakinkan mereka dengan pernyataan yang jelas, alih-alih memberikan detail informasi kehidupan pribadi anda kepada mereka.

Bear in mind it could just be badly worded question,”
tambah Colin Lloyd, Regional Director at Personal Career Management (www.personalcareermanagement.com).

Dan jika anda merasa yakin bahwa interviewer mengajukan pertanyaan yang bias atau illegal, anda perlu untuk mempertimbangkan lagi apakah anda akan tetap ingin bekerja di perusahaan tersebut.

4. PERTANYAAN TENTANG RAS

Pertanyaan tentang ras atau di mana anda dilahirkan, apa bahasa ibu/ asli anda, ataupun apa agama anda, juga merupakan pertanyaan illegal.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak berhubungan dengan kemampuan anda dalam menjalankan pekerjaan dan justru dapat berpotensi menimbulkan perlakuan diskriminasi pada anda.

Jika anda dihadapkan pada pertanyaan tentang ras, Colin Lloyd menyarankan anda untuk mengingatkan interviewer bahwa pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang illegal.

Siapapun anda, sebagai pencari kerja, anda berhak untuk menolak menjawab pertanyaan-pertanyaan illegal di atas ketika interview kerja, namun ungkapkan dengan sopan dan tidak berlebihan.

Serta sampaikan jika pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan illegal,

bisa saja pernyataan anda tersebut adalah jawaban yang benar atas pertanyaan interviewer yang ingin menguji kecakapan atau pengetahuan anda tentang moral/ legal.


INGIN TAHU 49 HABITS JUALAN ONLINE, LANGKAH JITU SEO, MELEJITKAN OMZET TOKO ONLINE DENGAN YOUTUBE?
DAPATKAN E-BOOK PAKET OPTIMASI TOKO ONLINE DI SINI 


DAPATKAN DVD ROCKET FINANCIAL PRINCIPLES (YEHESKIEL ZEBUA) DI SINI

 


[Artikel selengkapnya dapat anda baca di

No comments:

Post a Comment